Senin, 16 November 2015

Behavior Sine Construct 2

Mungkin teman2 pernah melihat didalam sebuah game platformer, ada 1 - 2 platform yang bergerak naik turun, atau ke kanan dan kiri. Biasanya fungsinya sebagai jembatan, untuk menuju platform lainnya. Contoh ilustrasi nya seperti gambar berikut.
Perhatikan pada gambar itu, karakter player akan muncul atau start dari Platform A. Untuk bisa menyeberang menuju Platform B, tidak bisa dengan melompat langsung. Karena jarak Platform A dan B yang terlalu jauh. Sehingga player harus melompat dulu ke jembatan 1.

Sampai di Platform B, karakter hendak menuju Platform C. Namun karena Platform C letaknya terlalu tinggi, maka player harus melompat atau naik dulu ke jembatan 2.

Jembatan 1 bergerak ke kiri dan kanan, sedangkan jembatan 2 bergerak naik turun.

Nah, disini kita akan berkenalan dengan behavior Sine. Dengan behavior ini, maka kita bisa menggerakkan sprite mengikuti pola gelombang sinus.

Seperti apa sih pola gelombang sinus itu? Perhatikan gambar berikut ini.
Sesuai gambar di atas, pada waktu start awal posisi berada di titik nol. Kemudian seiring waktu berjalan, posisi bertambah naik sampai titik puncak nya dan kemudian turun lagi kembali ke titik nol. Setelah itu posisi turun terus sampai lembah nya dan kemudian naik lagi sampai titik nol lagi.

Pola seperti itu yang dipakai untuk menggerakkan "jembatan" pada ilustrasi di atas. Bagaimana penerapannya di Contruct 2?

Pada tulisan sebelum nya telah saya jelaskan tentang pembuatan game platformer sederhana. Disitu kita telah membuat objek Pelatform dan objek Mario / Alien sebagai player nya. Sampai disitu hanya objek Mario yang bisa bergerak sesuai tombol panah yang ditekan pada keyboard.

Sekarang kita buat satu objek lagi, kita beri nama "Jembatan". Caranya seperti biasa, klik kanan pada Layout lalu Insert new object, pilih Sprite dan kita beri nama Jembatan.
Selanjutnya box Edit Image: Jembatan akan terbuka. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, image dari sprite yang kita buat bisa di ambil dari gambar yang sudah ada, baik itu yang kita buat sendiri atau download secara free dari Scirra. Disini saya gunakan file image metalHalf.png.
Kemudian objek Jembatan tadi kita letakkan di layar, sekaligus kita atur peletakkan nya beserta objek2 lainnya. Disini kita letakkan dua jembatan yang nantinya akan memilik gerakan yg berbeda. Ilustrasi nya bisa teman2 lihat lagi pada gambar di atas.

Sekarang kita akan tambahkan behavior Sine. Klik pada objek Jembatan, pilih Behaviors.
Lalu tambahkan behavior Sine, sekaligus tambahkan juga behavior Solid, agar player bisa menginjak objek Jembatan tersebut.
Selanjutnya kita akan memberikan gerakan yg berbeda untuk kedua jembatan. Klik pada jembatan 1, dan lihat pada bagian Properties di sebelah kiri Construct 2.
Perhatikan untuk atribut Movement, kita pilih Horizontal yang artinya objek jembatan akan bergerak ke kiri dan kanan. Sedangkan atribut Magnitude, kita rubah nilai nya sesuai kebutuhan, contohnya disini 120. Magnitude disini menunjukkan jarak pergerakan jembatan, yang berarti makin besar nilai magnitude makin jauh jembatan bergerak ke kanan dan kiri.

Selanjutnya untuk jembatan 2 kita beri Movement Vertical, yang artinya jembatan akan bergerak naik turun. Dan Magnitude kita isi dengan nilai 120 juga.
Selesai sudah! Selanjutnya silahkan teman2 coba jalankan game yang telah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar