Minggu, 22 November 2015

Cara Mudah Hosting Game HTML5 Kamu di Internet

Apakah kamu ingin tahu bagaimana cara hosting game HTML5 di internet? Setelah kamu selesai membuat game dengan Construct 2, saat nya menguji game buatanmu itu. Selain kamu sendiri, tentu akan lebih asyik kalo teman-temanmu bisa mencobanya juga. Terus gimana cara kamu ngasih tahu game buatanmu ke teman-temanmu? Nggak mungkin dong teman kamu mencobanya di laptopmu?

Nah, disini saya ingin menjelaskan cara mudah untuk hosting game yang sudah kamu buat dengan Construct 2. Hosting, maksudnya game buatanmu ditaruh di website. Sehingga siapapun bisa mengaksesnya lewat internet. Kamu bisa juga mengexport game untuk platform android, namun cara ini lebih rumit. Jadi kita coba yang simpel-simpel dulu aja ya guys, hehe.

Export Game Buatanmu ke HTML5


Langsung aja yah. Kita buka contoh project game Construct 2 yang sudah saya bikin, seperti gambar berikut ini. Oiya sekedar mengingatkan bahwa tiap kali kamu men-save project di Construct 2, hasilnya akan berbentuk sebuah file dengan extension .capx.

Selanjutnya kamu export project tersebut ke HTML5. Klik pada menu File, lalu pilih Export project.
Pilih HTML5, sebagai platform tujuan export.
Selanjutnya pilih folder dimana kamu akan menyimpan file HTML5. Misalkan disini kamu mau menyimpannya di folder C:\Alienspider
Kemudian pada pilihan HTML5 option, pilih yang Normal Style. Maksudnya, game kamu akan di tampilkan secara utuh di web browser. Untuk pilihan yang lain, Advert Bar Style -- maksudnya selain tampilan game juga akan ada tampilan untuk advertising atau iklan. Dan yang nggak kalah penting Embed Style, yaitu tampilan untuk game yang akan dipasang di web site dengan tag IFRAME. Sekali lagi untuk kali ini, kamu pilih yang Normal Style.
Nantinya Construct 2 akan membuat folder C:\Alienspider dan menyimpan semua file hasil export di folder tersebut.

Hosting File HTML5 Kamu ke Website


Setelah mengexport ke HTML5, selanjutnya adalah hosting ke website. Ada banyak penyedia hosting yang bisa kamu pilih. Untuk percobaan, kamu bisa menggunakan hosting gratisan, seperti 000webhost.com.
Silahkan mendaftar dengan mengisi data-data yang diperlukan. Seperti nama website yang kamu mau (contohnya: taufancahyadi.site88.net) dan nama, password serta alamat email.
Apabila berhasil, nantinya akan ada email yang dikirimkan untuk mengaktifkan website kamu. Selain itu kamu musti menunggu sekitar 24 jam, sampai website aktif. Kamu bisa mencoba mengakses website kamu untuk mengetahui apakah sudah aktif atau belum. Jika sudah aktif, kamu akan mendapatkan tampilan seperti ini.
Nah, sekarang website kamu sudah aktif dan siap untuk diisi dengan game buatanmu. Gunakan tools FTP, seperti Filezilla untuk meng-upload file HTML5 dan file pendukungnya ke websitemu. Software Filezilla sendiri bisa kamu download gratis di sini. Setelah didownload, lanjutkan dengan menginstall Filezilla di komputermu.
Berikutnya buka Filezilla, dan masukkan data website kamu. Contohnya disini, nama website yang saya dapatkan dari 000webhost adalah taufancahyadi.site88.net. Masukkan juga user password, yang telah dikirimkan ke emailmu. Misalnya user yang saya dapatkan a3840130, passwordnya ... rahasia, hehe.

Perhatikan pada Filezilla, di sebelah kiri adalah folder laptopmu, dan di kanan adalah folder di website. Kamu hanya boleh mengupload file ke dalam folder public_html. Pilih file-file yang ada di folder laptop, kemudian drag drop ke folder public_html.
Jika sukses, kamu akan mendapatkan folder Alienspider telah berada di dalam folder public_html
Okay, sekarang tinggal mencobanya! Silahkan kamu buka website kamu di browser dan jangan lupa .. tunjukkan juga game buatanmu ke teman-temanmu! Ini contoh website yang saya buat: http://taufancahyadi.site88.net/AlienSpider/

7 komentar:

  1. gan kalo tanpa hosting ga bisa ya?langsung diblognya gitu

    btw mampir juga keblog saya gan disana ada tutorial construct 2 juga hehe

    BalasHapus
  2. kg websitemu yg contoh gk bisa dibukak bang?

    BalasHapus
  3. minta tolong caranya gimana ya supaya bisa di mainkan di browser oleh orang lain

    BalasHapus
  4. Bisa gak HTML5 di masukin ke blogspot yang gratisan?

    BalasHapus
  5. Gw buat offline aja kalo mau di upload bisa ke itch.io

    BalasHapus