Jumat, 13 November 2015

Pengenalan Sofware Construct 2

Pada tulisan sebelumnya, saya telah menjelaskan sedikit tentang Construct 2 - sebuah software untuk membuat game, terutama game 2D. Disitu juga saya jelaskan mengapa kita memilih Construct 2, apa kelebihan software ini, dan cara mendownload Construct 2 yang bisa didapatkan secara gratis.

Selanjutnya, kita tinggal menginstal file installer yang sudah di download. Contoh nya seperti ini: construct2-r216-setup.exe. Nama file tersebut sekaligus menunjukkan release berapa yang kita download, dan karena terus dikembangkan ada kemungkinan teman2 akan mendapatkan release software yang berbeda. Proses instalasi-nya cukup sederhana, tinggal ikuti petunjuk yang ada dan tidak memerlukan setting tertentu.

Welcome to Construct 2!



Gambar di atas adalah tampilan utama saat kita memulai menjalankan Construct 2. Kita akan mendapatkan "peringatan" bahwa software yg kita gunakan adalah "Free Edition". Tentunya, karena baru mencoba peringatan tersebut bisa diabaikan sementara dengan meng-klik tanda silang atau tulisan "No thanks, maybe next time!"


Dari layar utama ini kita bisa memilih untuk:

  • New Project -- memulai project baru / dari awal
  • Open Project -- membuka project yang telah dibuat
  • Project Examples -- contoh2 project yang disertakan di dalam Construct 2
  • Recent Projects -- daftar project yang telah kita buat
  • Useful Links -- link website menuju tutorial, manual, forum dan assets store dari Construct 2

Silahkan pilih New Project, karena kita ingin memulai project di Construct 2 dari awal. Kemudian muncul pilihan berikut nya, yaitu apakah kita ingin memilih template atau contoh project tertentu. Silahkan pilih New Empty Project.


Nah, sekarang kita telah berada di layar utama Construct 2.

Perhatikan di layar, ada kolom sebelah kiri yaitu Properties; bagian tengah yang merupakan bagian utama dan kolom sebelah kanan yaitu Projects dan Objects.

Properties, menunjukkan informasi yang berkaitan dengan objek yang kita pilih. Misalnya informasi mengenai project yang kita buat (nama project, deskripsi, ukuran layar), posisi koordinat objek, ukuran objek, behavior dan lain-lain.

Bagian tengah adalah bagian utama, dimana kita akan meletakkan sprite / karakter player atau musuh, gambar background, text yang menunjukkan score, dan sebagai nya. Kalau kita lihat di bagian atas nya terdapat Start page, Layout 1 dan Event Sheet 1. Start Page akan kembali ke layar utama dimana kita memilih untuk membuat project baru atau membuka project yg sudah ada.

Layout 1, adalah tampilan dari game yang kita buat. Ada angka "1" disitu, berarti kita bisa membuat lebih dari 1 layout (layout 2, 3, dst). Tujuannya untuk membuat tampilan yang berbeda2, misalnya untuk level yang berbeda. Contoh nya kita membuat game dengan 10 level, maka kita butuhkan Layout 1, 2 sampai 10. Berikut contoh tampilan layout dari game yang saya buat


Event sheet 1, adalah logika atau algoritma yang mengatur bagaimana game kita berjalan. Contoh nya kalo kita membuat game shooting, bagaimana kita mengatur agar peluru keluar dari karakter kita. Atau bagaimana kita bisa mengontrol gerakan karakter kita, apakah jalan ke kanan, kiri atau melompat. Jadi disinilah pusat nya pengaturan, bagaimana game kita bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita. Dan sesuai semboyan nya: No coding required! Berikut contoh tampilan algoritma dari game sederhana yang saya buat.


Game yang telah kita buat jangan lupa di Save! Dan hasil nya berupa sebuah file dengan extension .capx. Game yang sudah jadi, juga bisa di export ke platform lain seperti HTML5, dll.

Kita berhenti sampai disini dulu, karena untuk penjelasan berikutnya akan lebih enak jika disertakan contoh2nya.

Keep patience, guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar